Address

  •     Jl. Cendrawasih 11 Tel. 0285 422774 Pekalongan

Upacara Hari Kesaktian Pancasila School Activities

School Activities

Tanggal 1 Oktober merupakan tanggal yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dalam literatur sejarah seperti dikutip Wikipedia bahwa sejarah lahirnya Pancasila dapat dijelaskan sebagai berikut. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sebagai bentuk memperingati hari kesaktian Pancasila, SMP Negeri 2 Pekalongan mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, dewan guru, staf dan karyawan. Sebagai pembina upacara adalah Bapak Aris Supriyanto, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan falsafah Pancasila yang harus dimengerti, dipahami serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.  Salah satunya falsafah Pancasila sebagai kepribadian Bangsa. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, berarti Pancasila adalah sikap mental dan tingkah laku bangsa Indonesia yang mempunyai ciri khas, dan yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti bahwa Pancasila adalah gambaran tertulis dan pola perilaku atau gambaran tentang amal perbuatan bangsa Indonesia yang khas yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain. Pancasila sebagai kepribadian bangsa, yaitu Pancasila memberi ciri khas kepribadian yang tercermin dalam sila-sila Pancasila, yaitu bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan dan kesatuan bangsa, berjiwa musyawarah mufakat untuk mencapal hikmat kebijaksanaan, bercita-cita mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Semoga dengan diadakannya peringatan Hari Kesaktian Pancasila seluruh warga sekolah akan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidpan sehari-hari. (AWS).

 

PPDB Pagelaran Bangunan Sekolah Prestasi Siswa LPIR Perpisahan

Profil Penulis

Administrator

Administrator
Adalah Tim ICT SMP Negeri 2 Pekalongan. (AWS)

 

    1 Komentar Pada Artikel Ini

  1. Rayhan Fasya Firdausi

    pak yang pelantikan dibuat artikel a...

 

Tinggalkan Komentar